Sabtu, 15 Juni 2013

Maafkan dirimu..:)

Memaafkan dengan mudah adalah berkah. Tidak hanya memaafkan orang lain tapi juga memaafkan diri kita sendiri. "Tidak ada manusia yang sempurna", itulah ungkapan yang begitu sering kita dengar bahkan kita sendiri yang mengatakannya. Kecuali Nabi Muhammad SAW, tidak ada yang ma'shum. Tidak ada yang terlepas dari salah dan dosa. Yang membedakan adalah apakah dosa itu besar atau kecil. Dan,,,yang paling penting, apakah kita menjawab setiap dosa dengan taubat?.


Kadang kala, ada orang yang begitu mudah melupakan kesalahannya, bahkan sebelum ia minta maaf. Dan yang paling parah, bahkan ia tak sempat ingat untuk beristigfar. Itu sungguh keterlaluan dan tak punya nurani. Akan tetapi, ada orang yang terjebak dalam sesal. Setiap detik dihantui oleh bayang2 dosa masa lalu. Perasaan bersalahnya seolah-olah telah memasuki alam bawah sadar. Ia takut, ia tak tenang bahkan menghambat kehidupannya. Kepada orang-orang seperti itu kukatakan "maafkanlah dirimu". Percayalah bahwa Allah maha pengampun.

Jika kalian melakukan kesalahan-kesalahan (dosa) hingga kesalahan kalian itu sampai ke langit, kemudian kalian bertaubat, niscaya Allah SWT akan memberikan taubat kepada kalian.
(Hadist diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abi Hurairah, dan ia menghukumkannya sebagai hadits hasan dalam kitab sahih Jami’ Shagir – 5235).

#Ada banyak orang yang mengatakan bahwa masa lalu adalah guru yang paling berharga. Akan tetapi, jika mengingat kesalahan dimasa lalu adalah hal yang tidak mengenakkan mungkin saatnya kita belajar dari masa depan.