Rabu, 15 November 2017

Tebing Kelep, Destinasi Favorit Untuk Pecinta Hijau


Aku suka warna hijau, itulah kenapa aku sangat menyukai pemandangan hutan dan pegunungan. Kalau melihat pemandangan yang hijau, perasaanku jadi terasa segar dan semangatku menjadi menggeliat. Ini memang sangat subyektif, tapi para pecinta warna hijau pasti sangat paham betul akan hal tersebut.

Suatu ketika, aku pernah jalan-jalan dengan seorang teman dari Jakarta. Di hari pertama ia datang ke Pulau Lombok, ia begitu mudah lelah karena kami mengunjungi pantai-pantai. Ia suka tapi tidak sampai exited dan berucap "wow". Akan tetapi, saat kami mengunjungi daerah Sembalun dan Senaru yang terletak di kaki Rinjani, tak henti-hentinya ia berdecak kagum. Tak ada gurat lelah di wajahnya.


Salah satu destinasi wisata Lombok yang sangat cocok untuk pecinta hijau adalah Tebing Kelep. Aku sudah tiga kali jalan-jalan ke Tebing Kelep tapi aku selalu ingin kembali lagi. Tebing Kelep terletak di daerah Senaru Kabupaten Lombok Utara. Destinasi ini baru terkenal sekitar satu tahun terakhir karena lokasinya yang sangat fotogenic.

Tebing Kelep terletak di kebun kopi milik penduduk. Sebuah spot foto yang terbuat dari kayu dengan kapasitas empat orang menjadi magnet bagi para pengunjung untuk datang. Dari spot tersebut anda dapat melihat keindahan air terjun Tiu Kelep yang dikelilingi rimbun pepohonan. Tebing kelep sangat diminati oleh pengunjung terutama saat hari libur sehingga anda harus antri untuk dapat mengambil foto.


Jika anda penikmat kopi, anda bisa menikmati kopi khas Lombok sambil menghirup udara segar di tempat ini. Di sekitar Tebing Kelep, anda bisa melihat pohon kopi, pohon coklat atau kakao, serta pohon avocado milik penduduk. Anda tidak perlu khawatir berlama-lama di tempat ini karena lokasinya aman dan telah tersedia fasilitas umum seperti toilet.

Untuk mencapai lokasi Tebing Kelep, anda harus menggunakan sepeda motor melewati jalan tanah sekitar 15 menit. Jika anda memakai mobil, anda tidak perlu khawatir karena telah tersedia jasa ojek dengan tarif 20.000 rupiah. Jalur yang bisa anda tempuh jika ingin jalan-jalan ke Tebing Kelep yaitu Kota Mataram-Pusuk Lombok Utara-Senaru-Tebing Kelep.