Minggu, 25 Oktober 2015

10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Wisata Lombok

  
Tugu Lombok Barat
     Pulau Lombok kini menjadi sorotan banyak wisatawan setelah memenangkan dua penghargaan sekaligus dalam acara World Halal Travel Summit 2015 yang digelar di Abu Dhabi. Dalam acara tersebut, Pulau Lombok didaulat sebagai penerima penghargaan World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Kini sudah bisa dipastikan bahwa akan ada banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk jalan-jalan ke Pulau Lombok.



     Sebelum melakukan travelling ke Pulau Lombok, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal terkait dengan pulau eksotis ini. Berikut akan saya tuliskan 10 hal yang perlu anda ketahui tentang wisata Lombok antara lain:

1.Pulau Lombok dikenal dengan nama pulau seribu masjid.  Hal tersebut disebabkan karena hampir semua kampung di Pulau Lombok memiliki masjid sebagai tempat ibadah. Jadi anda tidak perlu khawatir tentang ketersediaan tempat ibadah bagi traveller muslim. Julukan pulau seribu masjid juga menjadi sebuah indikasi bahwa sebagian besar penduduk Pulau Lombok memeluk agama islam sehingga sebagai wisatawan perlu kiranya menghormati kepercayaan penduduk lokal.
Masjid kuno gunung pujut
2. Pulau Lombok juga terkenal dengan pulau seribu pantai.  Hampir semua wilayah memiliki pantai sebagai destinasi wisata unggulan seperti Kabupaten Lombok Timur yang terkenal dengan pantai pink, Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki pantai dengan garis pantai terpanjang di Lombok yaitu Tanjung Aan, Kabupaten Lombok Barat dengan Pantai Senggigi, dan Kabupaten Lombok Utara yang sangat populer dengan keindahan pantai di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.
Pantai Segui,Lombok Timur
3. Pantai di bagian selatan Pulau Lombok berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga tidak cukup aman bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas seperti berenang dan snorkeling. Pantai selatan dengan ombak besar sangat cocok untuk surfing seperti di Pantai Selong Belanak dan Pantai Gerupuk.
Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah
4. Ada banyak destinasi wisata di Pulau Lombok yang masih jarang diexplore oleh wisatawan. Akan tetapi, lokasi destinasi wisata tersebut biasanya di pelosok dan belum bisa dijangkau jika berkendara dengan mobil. Ada baiknya bagi penikmat wisata petualangan untuk menggunakan motor dengan ditemani guide lokal untuk menjamin keamanan para wisatawan.
Pantai Tunak, Lombok Tengah
5. Lombok juga memiliki banyak event budaya sehingga perlu kiranya bagi culture traveller untuk melihat waktu tertentu pagelaran budaya di Pulau Lombok. Seperti event bau nyale di bulan Februari dll.
gendang beleq
 6. Bagi pecinta kuliner, Pulau Lombok memiliki banyak makanan khas yang sayang jika tidak dicicipi seperti pelecing kangkung, sate bulayak, sayur ares, sate ikan Tanjung, dll. Penting untuk diketahui bahwa sebagian besar makanan khas Pulau Lombok memiliki cita rasa yang sangat pedas sehingga anda perlu memesan makanan dengan jumlah cabe sedikit jika memiliki perut yang sensitif.
With kaq Dina Dua ransel menikmati kuliner Lombok
  7. Masyarakat Pulau Lombok dikenal dengan adat kawin lari dimana lelaki membawa perempuan ke rumahnya pada malam hari. Untuk masyarakat dengan sistem adat yang masih kental seperti wilayah Sade, Jonggat, dan Bayan, sangat tidak dianjurkan untuk membawa jalan-jalan anak gadis pada malam hari karena bisa dianggap telah kawin lari.
with mas Yudasmoro di desa Sade

with mas Barry Kusuma
8. Pulau Lombok sangat terkenal dengan Gili Trawangan padahal disekitar Pulau Lombok terdapat banyak sekali gili yang tidak kalah eksotis dibandingkan dengan Gili Trawangan. Anda perlu juga mencoba berkunjung ke Gili Nanggu, Gili Kondo, Gili Pasir, Gili Sudak, dll.


9. Pulau Lombok memiliki destinasi unggulan yaitu Taman Nasional Gunung Rinjani. Pada musim kemarau kerap terjadi kebakaran hutan sehingga diharapkan bagi para pendaki untuk waspada saat membuat perapian. Para pendaki harus memastikan api sudah dipadamkan dengan baik saat meninggalkan lokasi camping agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Bagi pendaki yang merokok, harap memperhatikan percikan api yang ditimbulkan karena akan sangat berbahya jika mengenai ilalang kering.

Warning!
10. Untuk tempat-tempat wisata di Pulau Lombok yang belum populer biasanya belum terdapat fasilitas seperti tempat pembuangan sampah sehingga perlu kiranya wisatawan tidak membuang sampah sembarangan agar keindahan tempat wisata tetap terjaga.

Itu tadi 10 hal yang perlu anda ketahui jika ingin jalan-jalan ke Pulau Lombok. Semoga bermanfaat ya..:)

1 komentar :

gagal ke lombok tahun ini gara2 air asia membatalkan penerbanganku...hiks hiks....lampung, lombok, sepertinya ke2 tempat ini mencuri perhatianku untuk didatangi...:) semoga terlaksana..