Selasa, 10 Maret 2015

Holiday Is Lombok Sumbawa







      I Love Lombok and Sumbawa. Dua pulau yang begitu kaya akan keindahan alam dan budayanya. Teman, aku selalu merasa sangat beruntung terlahir di provinsi NTB yang begitu indah. Coba deh buka video ini, kalian pasti akan merasa kagum. Gunung Rinjani yang mempesona, Pulau Satonda dengan berbagai macam cerita di dalamnya, Gunung Tambora yang melegenda hingga negeri eropa, keindahan pantai Seger, pesona air terjun Tiu kelep dan Tiu teja, keindahan bawah laut Gili Trawangan yang tersohor hingga manca negara. NTB juga kaya akan pesona budaya.





     Teman, dari semua destinasi yang ada di video ini, hampir semua sudah aku kunjungi kecuali Gunung Tambora dan Pulau Satonda. Aku berharap bisa ke dompu bulan April dalam acara Tambora Menyapa Dunia. (Semoga ada yang mau kasi gratis,,hehe..ngarep).





  Kenangan sunrise di pos dua Gunung Rinjani. Aku selalu bahagia menatap mentari yang perlahan muncul di balik pegunungan.



 



    Semangat dari anak-anak pulau Moyo. Mungkin mereka begitu bahagia karena setiap hari bisa melihat keindahan pantai dan air terjun. Ada pantai takat sagele, air terjun mata jitu dan diwu mba'i yang terkenal hingga lady Diana menghabiskan liburan di Pulau ini. Aku ingin sekali kembali ke pulai Moyo suatu saat nanti. (Amin).







 Istana Dalam Loka yang merupakan istana kesultanan Sumbawa. Salah satu warisan budaya di NTB. Menyimpan sejarah perkembangan islam di tanah sabalong samalewa. Istana ini sudah tidak dihunioleh Sultan karena setelah peristiwa kebakaran, Sultan pindah ke Istana Bala Kuning. Akan tetapi, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi dan dipelajari.



   Pantai-pantai di Lombok menawarkan keindahan yang memukau. Hamparan pasir putih nan bersih akan memanjakan setiap mata yang melihatnya. Ada begitu banyak pantai di sini, teman-teman akan puas mengexplore semuanya. Aku saja yang tinggal di Lombok belum habis mengunjungi semunya..hehe.



    Air terjun tiu kelep menjadi salah satu icon pariwisata Lombok. Akan tetapi, ada banyak air terjun lainnya seperti : Air terjun benang stokel, benang kelamu, jeruk manis, sendang gile, otak okoq, tiu teja, tiu pupus dll.





  Gili adalah sebutan untuk pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Lombok dan sumbawa. Ada tiga gili yang terkenal yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili meno. Ada gili-gili yang lain yang belum terlalu terkenal seperti : Gili nanggu, Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Pasir, Gili Rengit, Gili Sudak, Gili Bidara, Gili Sudak, Gili Asahan dll.

    NTB juga kaya akan kerajinan tangan seperti kain tenun Lombok, mutiara, gerabah, kerajinan cukli. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir mencari oleh-oleh khas Lombok. (Jangan lupa bawa duit yang banyak ya..hehe).

   Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, NTB juga kaya akan budaya. Teman-teman bisa berkunjung ke desa adat Sade di Lombok Tengah dan desa adat Sambori di kabupaten Bima. Kalian bisa menikmati pagelaran budaya seperti peresean, gendang beleq,main jaran, dll.



   Masyarakat NTB sangat kental dengan nuansa islamnya. Bahkan, pulau Lombok terkenal dengan pulau seribu masjid. Jadi bagi teman-teman yang mau mengexplore masjid, Lombok adalah tempatnya. Semua petualangan aku bisa teman-teman baca di label My adventure ya..hehe

#Holiday is Lombok Sumbawa

1 komentar :

semngat terus menulis kawan ... berikan makna liburan dari tulisan2 mu