Sabtu, 04 Oktober 2014

Lombok islnad: Kuliner Khas Lombok (#Enak Bingits)

   
Kaq Dina Dua ransel sedang menikmati ayam taliwang (photo by Noegroho Dewo)
        Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan keindahan alam maupun budayanya. Pulau eksotik ini juga menyajikan aneka makanan khas yang bisa memanjakan lidah anda jika jalan-jalan ke pulau ini.
Ciri khas makanan Lombok adalah tingkat kepedasan yang di atas rata-rata. Makanan khas yang sudah sangat terkenal disini adalah pelecing kangkung, ayam taliwang dan sayur ares. Tapi kali ini kita akan mencoba untuk mencicipi makanan lain.
Nasi campur sukaraja
      Nasi campur sukaraja kelihatannya hampir sama dengan nasi campur yang biasa kita temukan di daerah lain. Dengan komposisi yang terdiri dari nasi putih, tempe, ayam goreng, telur, sate usus ayam, abon, bergedel kentang, olah-olah, dan sambel. Ciri khas makanan sasak terdapat pada penambahan olah-olah yang terbuat dari sayuran dan bumbu dengan sedikit santan kental.
Suasana Dapur tradisional

      Ciri khas utama yang membuat nasi campu Sukaraja tidak pernah sepi pengunjung adalah konsistensi penggunaan kayu bakar dalam memasak. Ketika hampir semua tempat makan sudah beralih menggunakan kompor gas, pemilik nasi campur Sukaraja masih memasak dengan kayu bakar. Hal ini menyebabkan rasa masakan di tempat ini menjadi khas dibandingkan ditempat lain. Rumah makan yang menyediakan nasi campur ini berada di wilayah Sukaraja, Ampenan. Tempat ini tidak sulit untuk ditemukan karena masih berada di dalam Kota Mataram.
Sate tanjung

     Selama ini Kabupaten Lombok Utara begitu terkenal dengan pesona tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Akan tetapi, ada satu hal yang jangan sampai anda lewatkan jika berkunjung ke KLU yaitu mencicipi nikmatnya sate ikan di daerah Tanjung. Sate ikan tanjung adalah resep turun temurun. Dengan bumbu-bumbu khas, sate ikan ini terasa sangat nikmat. Keunikan dari sate ikan ini adalah karena dinikmati dengan pelecing atau urap serta opak.
Opak and urap

         Opak yang renyah dan gurih ini terbuat dari singkong. Cara membuatnya yaitu, singkong di parut dan di kukus. Setelah itu di jemur sampai kering. Opak ini makanan sehat karena tidak digoreng melainkan dibakar. Perpaduan sate ikan, urap, opak, dan lontong menciptakan rasa yang sangat nikmat.
Sate bulayak

        Sate bulayak adalah kuliner khas lainnya di Pulau Lombok. Bulayak adalah olahan beras yang dibungkus dengan menggunakan daun enau dan direbus. Kekhasan rasa sate bulayak adalah karena bumbu sate menggunakan santan dan kemiri. Sate bulayak bisa anda nikmati di wilayah Suranadi, pantai Senggigi, taman Udayana dan di banyak tempat lain.

#Jika anda jalan-jalan ke Pulau Lombok, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati makanan khas yang tidak akan anda temukan di daerah lain.