Minggu, 07 September 2014

Bank Sampah..#kreatif

dompet-dari-sampah
Dompet unyu dari sampah
      Pernahkah kita merasa marah ketika melihat seseorang membuang sampah sembarangan?. Atau kita cuek2 saja karena kita juga melakukan hal yang sama?. Hmmm...ini memang tema klasik yang terus menjadi blunder, menggunung seperti tak ada habisnya. Sampah. Kita tidak cukup hanya dengan marah atau dengan merasa miris dengan kondisi ini. Yaps...kita harus mulai berbuat. Untuk bumi kita, untuk generasi yang akan datang.


         Tadi pagi, saya berkunjung ke Bank Sampah NTB Mandiri. Salah satu bank sampah di kota mataram, tepatnya di Jln. Leo No.24 Lingkungan Banjar Ampenan. Hmmm,,,begitu sampai disana mata saya berbinar melihat barang kreatifitas yang cantik2. Dan siapa yang menyangka kalau barang tersebut terbuat dari sampah. Yaps...sampah yang biasa kita buang itu diolah oleh tangan2 kreatif menjadi barang berharga dan pastinya bernilai jual tinggi. Mungkin teman2 akan bertanya "koq namanya bank sampah sih?". Hal tersebut dikarenakan sistem yang dipakai seperti bank. Mereka punya nasabah yang menyetorkan sampah plastik untuk diolah. Diakhir bulan mereka akan mengambil bayarannya atau mereka bisa ditabung hingga jumlahnya banyak. Atau mereka bisa dilatih di bank sampah oleh Mbak Aisyah (pemilik) agar bisa membuat barang kreatif di rumahnya. Trus bagaimana soal pasar?. Mana ada orang lombok mau beli barang dari sampah dengan harga mahal?. Tidak usah khawatir, bank sampah akan membeli barang kreatifitas tersebut dengan harga yang layak. Lantas barang tersebut di ekspor. Nah lho?..barang dari sampah diekspor?. Betul banget teman, karena para bule di luar negeri sono sudah punya kesadaran lebih terhadap isu lingkungan hidup. Semoga kedepan bangsa kita juga gak kalah ya teman dari mereka. Amin..:)

           Bank sampah juga memberikan sosialisasi kepada ibu2 PKK, ke sekolah2 tentang pentingnya menjaga lingkungan. Mereka memberikan pelatihan2 agar masyarakat bisa lebih berfikir kreatif. Bayangkan saja kalau semua ibu2 rumah tangga bisa kreatif, kedepannya kita pasti akan bisa mengurangi sampah yang berasal dari rumah tangga. Itu akan menjadi hal yang sangat positif untuk bumi kita tercinta.
#save our earth...Start form now!
keranjang dari sampah gelas minuman
      Saya hampir tidak percaya kalau ini berasal dari sampah. Ini cantik sekali. Inilah yang disebut kreatifitas. Ini penting untuk kemajuan ekonomi kreatif di negeri kita. Yukkkk....semangat belajar menjadi lebih kreatif. Karena di tangan orang kreatif, sesuatu yang biasa bisa menjadi luar biasa. Setuju teman?..Hmmm,,,semoga kalian semua setuju ya..hehe.

bank-sampah-lombok
suka banget 

bank-sampah-lombok
cantikkkkk