Selasa, 03 September 2013

KAPMEPI NTB....SEMANGAT BARU..

          Masih kuingat di tahun 2008, pertama kali aku mendengar KAPMEPI. Waktu itu, aku di delegasikan oleh Aliansi An-nisa untuk mengikuti sebuah pelatihan di hotel Jayakarta senggigi.  Selama tiga hari disana, aku berfikir acara itu mirip training ESQ. Memang tidak sama persis karena waktu itu memakai materi Heart Intelegensi atau biasa di kenal training HI. Setelah pelatihan itu usai, nyaris tak ada follow up. Sempat terdengar kabar di tahun 2011 beberapa orang teman ikut TOT character building di Bali. Itupun tak ada follow up. Sepi...


"Dan kita tidak akan terjebak kembali dalam kemandulan organisasi.. KAPMEPI NTB harus produktif. berkontribusi"

Aku sempat berfikir bahwa KAPMEPI NTB telah mati..bukan sekedar mati suri. Tapi...semangat itu kini kembali hadir setelah diadakan TOT CHARACTER BUILDING di hotel jayakarta tanggal 29-31 Agustus 2013. KAPMEPI NTB kembali menemukan nyawanya. Hidup...menggeliat dari hibernasi selama bertahun-tahun..


TOT Pelatihan Character Building Pemuda Indonesia ini diadakan oleh Kementrian Pemuda Dan Olahraga RI bekerjasama dengan Dinas DIKPORA provinsi NTB. Panitia pelaksana adalah KAPMEPI pusat dibantu oleh teman2 KAPMEPI NTB. Acara yang bertemakan 'dari pemuda Indonesia untuk negerinya' ini bertujuan untuk mencetak trainer2 untuk pengembangan moral etika pemuda Indonesia pada umumnya dan pemuda NTB pada khususnya.

Hmmm.....dari tadi aku serius banget ceritanya ya?...maaf teman,,,masih semangat 45 soalnya..Hehe.
Sebelum acara ini dimulai..panitia memperkenalkan diri.. Yang jadi MOT adalah bang Fakhruddin (ketua KAPMEPI pusat). Dan yang jadi MCR adalah bang Irwan (Sekjend KAPMEPI). Setelah itu,,,peserta dibagi jadi 4 kelompok yaitu kelompok Koesbini, W.R. Supratman, Kartini, dan C. Simanjuntak. Dan aku masuk di kelompok C. Simanjuntak.....sebagai ibu kepala suku ..he..Anggotanya adalah 10 cowok2 gokil yang baik hati dan 2  orang cewek super cantik..(Jansen, Raffy, Ardi, Hendri, Sulaen, Hadi, Feri, Syiar, Yudin, Izzuddin, Ulil and Isna)..


Semangat klp C. Simanjuntak...miss u all..:)


Pembukaan acaranya siang...hmmm,,,padahal banyak peserta yang datang dari pagi. Acara dibuka langsung oleh Kadis DIKPORA NTB.
Dalam pembukaannya...Pak Kadis menyampaikan apresiasinya terhadap acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa moral dan etika pemuda adalah yang sangat penting dalam pembangunan NTB..

Setelah pembukaan....mulailah kita dengan materi pertama. Materi Peran Pemuda Dalam Mewujudkan Kejayaan Bangsa yang disampaikan oleh ketua KAPMEPI PUSAT. Materi yang membuat kita sadar betapa pentingnya peran pemuda dalam setiap perubahan di Indonesia. Mulai dari sumpah pemuda 1928, kemerdekaan RI 1945, Kudeta 1965, reformasi 1998 dan banyak lagi sejarah penting yang dipelopori kaum muda.
with pak ketua KAPMEPI pusat (bang Fakhruddin)
Materi kedua adalah materi Hypnosis..Hmmm...ni materi paling aku suka..kerrenn...:). Materinya disampaikan oleh Bang Irwan Indra S,TP. M, Cht. Master Hypnoterapy...kalau di NTB gelar ini masih langka banget. Dalam materi ini kita dapat ilmu yang penting bagi trainer. Bagaimana aplikasi hypnosis dalam public speaking. Pokoknya kerreen...TOP buat bang irwan..hehe.
with bang Irwan (sekjend KAPMEPI)




"Ini jadi penyemangat buatku..kelak aku akan menjadi trainer yang hebat spt bang Irwan....bisa keliling Indonesia.. bisa jadi Master hypnoterapy"...tengkyu bang Irwan untuk inspirasi tiada bertepi..

















Masih dalam rangkaian materi hypnosis..aku menjadi korban.he...aku di hypno oleh pak ketua. Jadi Malu klo lihat fotonya..:)
korban..hehe


Kuncinya,,,,kemauan dan konsentrasi,,,klo melawan sugesti,,pasti buyar,,dan gak akan berhasil..TOP buat pak ketua.










Kegiatan hari pertama usai,,kita kembali ke barak..eh..kamar masing2. Karena esok kami harus bangun pagi2 untuk tahajud dan sholat subuh berjama'ah. Kegiatan ini emang beda dari yang lainnya. Setiap aspek diperhatikan termasuk kedisiplinan dalam beribadah.

Materi dihari kedua disampaikan oleh Pak Budi dari kemenpora. Materi tentang kecerdasan spiritual. Intinya adalah kita disadarkan untuk senantiasa memantapkan keyakinan, kemudian iklas, sabar dan bersyukur. Sebuah materi yang mendalam.
With pak Budi..staff kemenpora


"Cerita2 tentang pengalaman beliau keliling Indonesia. Dan pengalaman beliau ke luar negeri membuatku semangat. semangat untuk terus belajar dan belajar...memperbanyak baca..."

















Malam harinya materi isu nasional dan wawasan kebangsaan oleh Danrem 162. Kita diberikan pemahaman tentang tugas TNI yaitu menangani operasi militer perang dan operasi militer non perang. Kita juga diberikan penjelasan tentang perang generasi ke-4 atau biasa kita kenal dengan perang asimetris. Dan banyak lagi....materinya panjaaang...Hehe.
with Danrem 162

Hari ketiga kita outbond yang di pandu sama personil dari Korem 162. Outbondnya lumayan seru..outbond low impact..jadi lebih banyak keseruan yang lucu...teman2 itu memang pada gokil semua..


Dan tibalah kita pada acara terakhir,,,penutupan...hikz..koq jadi sedih ya...terharu lebih tepatnya.
MC
Rangkaian acara penutupan...salah satunya pelantikan pengurus KAPMEPI NTB
ketua KAPMEPI NTB

ketua: Suhaidi
Sekjend : Mustari
Bendum : Ema

"Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik"..Amin..









Selanjutnya...pengumuman peserta terbaik..
peserta terbaik TOT KAPMEPI NTB

1. Pak Iqbal
2. Diriku...Ema kaktus
3. Pak Raju
4. Bang Fihir
5. Adk Risky
"Semoga semakin semangat belajar agar kelak bisa jadi terbaik pertama..semangat ema".







Dan yang terakhir adalah pengumuman kelompok terbaik....jreng...jreng....kelompok C.Simanjuntak..hmmm,,senengnya jadi ibu kepala suku C. Simanjuntak. Semoga tetap semangat!
penyerahan hadiah utk klp terbaik..

PEMUDA....MAJU
OLAHRAGA...JAYA
SIAPA KITA?...INDONESIA
NKRI...HARGA MATI
#jangan tanyakan apa yang bisa tanah air berikan padamu, tapi tanyakan apa yang bisa kau berikan pada tanah airmu (John F. Kennedy)




4 komentar

hoo... dikau bendum to? uhuk... cerita-cerita nanti pas jadi korban hypno.. semoga KAPMEPI NTB hidup dan terus menebar manfaat :)

minggu ini insya Allah *tiap weekend kan daku di mataram :)