Jumat, 28 Juni 2013

kepercayaan..(Edisi belajar)

"Ada empat landasan utama dalam membangun sebuah hubungan,,yang pertama adalah ketaatan kepada Allah..yang kedua kepercayaan,,yang ketiga kepercayaan, dan yang ke empat kepercayaan".

Kalimat ini kubaca sekitar 3 tahun yang lalu dalam sebuah buku yang aku lupa judul dan penulisnya.He...pikun.com.
Seberapa pentingkah kepercayaan dalam sebuah hubungan?,,baik dalam hubungan pernikahan, ataupun pertemanan..Aku rasa ini adalah hal yang sangat utama.
Bagaimana perasaanmu bila seseorang meragukanmu?. Bila seseorang berkata "kau tak jujur padaku". Suatu ketika aku berfikir bahwa kepercayaan adalah kebutuhan utama untuk bisa survive dalam hidup. Bahkan ini kadang lebih penting daripada kebutuhan akan makanan.


Dalam buku "Menjadi istri yang paling dicintai" karya John M gottman dijelaskan bahwa ada begitu banyak perceraian yang terjadi karena masalah kepercayaan.  hal yang penting untuk disadari bahwa ketika hormon phenyetilenamine berhenti disintesis maka otak harus mensintesis hormon oksitosin. Hormon inilah yang menjadikan seseoang setia. Akan tetapi, hormon ini tidak bisa disintesis dengan mudah. Maka kepercayaanlah yang merangsangnya. Sedikit keraguan akan menghambatnya.

Dan aku teringat kisah antara Nabi Saw dengan Siti Khadijah di awal kenabian. Ketika sang Nabi baru menerima wahyu. Siti Khadijah-lah yang paling pertama mempercayainya. Tak ada keraguan sedikitpun bahkan ketika begitu banyak orang meragukan sang Nabi. Mungkin hal itu yang membuat Khadijah begitu dicintai bahkan hingga ia tiada. Kepercayaan ketika yang lain tak mempercayai.

#jangan pernah khianati kepercayaan yang diberikan seseorang kepadamu. Sekali saja kau berkhianat maka tak kan pernah kau dapati kepercayaan itu lagi. Selamanya.