Jumat, 29 Agustus 2014

Lombok island: Dari Pantai Selong Belanak hingga Batu Payung (just for you...beach lover)

Aan beach

Ada rindu yang bergemuruh di sela debur ombak
Berlari memeluk pantai
Kemudian berlalu ditelan samudra

Ada cinta yang terenda di bulir pasir
menjulang membentuk istana
lantas runtuh bersama angin

      Hmmmm...sebenarnya aku mau cerita apa sih?...sok buat puisi aneh...(di maafin aja ya..hehe).
Teman....hari ni..eh malam ini, aku mau ceritakan betapa indahnya daerah lombok tengah. Yaps...betul banget,,,aku lahir dan besar di sini, di tempat yang banyak pantainya. Dulu,,,aku gak pernah berfikir kalau pantai itu indah...Ya...mungkin karena aku keseringan lihat pantai jadinya pantai menjadi tempat yang biasa saja bagiku.Tapi,,ada seorang teman yang beach lover pake banget yang ngebuat aku sadar. And than,,sejak saat itu aku mulai tertarik utk jalan-jalan ke pantai.


     Ok...kita mulai perjalanan kita dari BIL (scara, itu tempat pendaratan pertama kalau berkunjung ke lombok). Kita lewati jalan yang menuju ke Mataram, sekitar 15 km saja kita lewatin jalan yang bagus itu karena di batujai kita akan belok kiri...Yaps...betul banget, setelah itu jalannya rada lebih kecil. Akan tetapi pemandangan alam pedesaannya sangat alami. Cocoklah untuk teman-teman yang udah bosan sama kepenatan or kebisingan kota. Kita harus menempuh jalan yang cukup panjang sekitar satu jam hingga kita menemukan pantai pertama kita yaitu pantai selong belanak.

pantai
Selong belanak beach...
pantai-selong-belanak
cocok untuk berselancar
    Pantai Selong belanak memiliki pasir putih dengan ombak yang digemari para bule buat berselancar. Tapi pantai ini rame bingits, jadinya aku gak betah lama-lama disini. Cuma beberapa menit saja aku sudah out..hehe. Selanjutnya kita ke selatan, ada beberapa pantai lagi sepeti pantai semeti dan pantai tampah. Tapi berhubung aku sendiri jadinya aku memilih untuk ke pantai mawun. Pantai ini relatif lebih sepi dan nyaman buatku.
pantai-mawun
mawun beach

pantai-mawun
mawun beach
     Yang paling aku nikmati saat mengunjungi kedua pantai tersebut adalah perjalanannya. Sepanjang jalan kita bisa menikmati pesona bukit2 dengan udara segar, jalan yang penuh jurang, sawah-sawah yang menghijau. Ahhh,,,,,itu perjalanan sendiri yang paling kunikmati. (apalagi klo berdua ya...upsss...mulai error.hehe.)
Lets go, kita lanjut ke selatan, kita bisa ketemu pantai seger, pantai kuta. Tapi kita ke pantai kuta aja ya, biar gak bali aja yang punya pantai kuta. Lombok tengah juga punya lho..pantainya gak kalah cantik lahhh...
kuta beach

        Dari semua pantai yang ada di Lombok Tengah, pantai kuta menjadi pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Apa pasal?...yaps...karena di sekitar pantai kuta banyak terdapat hotel dan cafe, gak kayak pantai lainnya yang sepi.
Perjalanan selanjutnya, kita menuju pantai tanjung Aan. Siap-siap dah karena jalannya cukup buruk.. ( berharap pemerintah segera care dan memperbaikinya).  Tapi rasa kecewa karena buruknya jalan akan segera terobati begitu melihat pantai tanjung Aan yang indah banget. Garis pantainya sangat panjang sehingga warga sekitar membaginya menjadi pantai cemara, pantai Aan dan pantai batu kotak. Untuk melihat view pantai secara keseluruhan, aku sarankan agar teman2 memilih stay di pantai batu kotak karena ada karang besar yang bisa dijadikan destinasi cantik buat nangkring (duduk2 maksudku..he)



pantai-Aan
Tanjung Aan beach
    Teman-teman bisa melihat perbedaan pasir di kedua foto tersebut. Yang atas, pantainya berada di sebelah kiri karang besar dan pasirnya tidak terlalu putih. Pasirnya agak besar seperti merica. Sedangkan foto kedua berada di selah kanan karang besar, pasirnya jauh lebih putih dan lebih halus.
Dan yang terakhir, kita akan menuju pantai batu payung. Pantai yang populer bingits gegara iklan rokok. Ahhh...iklannya keren sih tapi sayang promosi rokok,,,Ok kita lupakan saja iklan itu..hehe...Kalau mau ke batu payung, kita punya dua alternatif jalan. Yang pertama, kita bisa naik perahu dari tanjung Aan dengan ongkos cuma Rp.10.000 saja. Aku saranin perginya jangan siang karena ombaknya besar banget..aku aja masih trauma denger kayu perahu berbenturan sama ombak yang besar. Seru sih,,tapi entah kenapa sampai di tengah jadi rada mengerikan. Alternatif kedua, kita lanjutkan perjalanan sedikit kemudian memutari bukit lewar pinggir pantai yang berkarang. Ini bisa dilakukan pas air laut surut.
Batu payung beach
       Setelah pantai batu payung,,mentok deh ke gerupuk sana..hmmm,,itu tempat mancing alias banyak ikan. Sampai disini aja udah lelah banget kayaknya. So....stop dlu ya, lain kali lanjut lagi deh perjalanan kita ke pantai lainnya. Oh,,,ya teman, untuk bayar parkir area setiap pantai Rp. 5.000 saja untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil. Masih murah meriah...So...di tunggu ya di Lombok tengah...


1 komentar :

Waaah doyan nulis juga ya.. Referensi tulisan blog with english Di http://lombokfuntravel.com/